Mahakarya Pelukis Ternama Ditemukan di Loteng

Mahakarya Pelukis Ternama Ditemukan di Loteng

INILAHCOM, Toulouse - Seorang pria secara tak sengaja menemukan sebuah mahakarya dari pelukis Italia Michelangelo Merisi da Caravaggio di loteng rumahnya di Toulouse, Prancis.

Lukisan berusia lebih dari 400 tahun yang nilainya diperkirakan mencapai 120 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun itu ditemukan saat pria tersebut naik ke atas loteng untuk membetulkan atap rumah yang bocor.

Lukisan ini memiliki teknik pencahayaan dan energi khas Caravaggio yang dilakukan tanpa kesalahan dari tangan seorang seniman besar zaman Renaissance.

Pemeriksaan awal yang dilakukan ahli seni menunjukkan bahwa lukisan tersebut merupakan salah satu dari dua versi lukisan Caravaggio yang menggambarkan pemenggalan Holofernes, seorang jenderal tentara Nebukadnezar oleh Judith, seorang janda cantik dari Bethulia, yang dilukis pada 1600-an.

Salah satu versi lukisan tersebut terpajang di Galeri Nasional Seni kuno di Roma, Italia, sedangkan versi lainnya, yang kemungkinan ditemukan di Toulouse ini, menghilang sekitar seabad setelah selesai dibuat.

Saat ini, Museum Louvre di Prancis tengah melakukan pengujian yang kemungkinan akan memakan waktu selama satu tahun.

Kementerian Kebudayaan Prancis telah menjadikan lukisan ini sebagai 'harta nasional' sehingga lukisan ini tidak dapat dibawa keluar dari Prancis selama 30 bulan ke depan hingga para ahli memastikan keasliannya.

Michelangelo Merisi da Caravaggio adalah seorang pelukis Italia yang populer selama hidupnya pada akhir 1600-an dan awal 1700-an. Namun, karyanya segera terlupakan beberapa saat setelah kematiannya hingga akhirnya kembali dikenal pada abad ke-20. [ikh]


Baca Berita Selanjutnya

0 Response to "Mahakarya Pelukis Ternama Ditemukan di Loteng"

Posting Komentar