Menteri Inggris Akui Pernah Jalin Cinta dengan PSK

Menteri Inggris Akui Pernah Jalin Cinta dengan PSK

INILAHCOM, London - Menteri Kebudayaan Inggris John Whittingdale mengakui dirinya pernah menjalin hubungan asmara dengan seorang pekerja seks komersial (PSK). Namun, ia mengatakan tidak mengetahui dari awal apa pekerjaan sang kekasih sebenarnya.

Whittingdale juga mengatakan bahwa dirinya sudah mengakhiri hubungan dengan perempuan itu pada Februari 2014, setelah mengetahui pekerjaannya.

Editor politik BBC, Laura Kuenssberg, mengatakan bahwa peran Whittingdale dipertanyakan, mengingat ia menerapkan regulasi media ketika ada beberapa surat kabar yang sudah memperoleh kisah mengenai hubungannya dengan PSK, tapi tidak dipublikasikan.

Meski demikian, Whittingdale bersikeras peristiwa itu tidak mengganggu tugasnya sebagai menteri yang membidangi kebudayaan, media dan olahraga yang ia emban sejak Mei 2015.

Pihak Downing Street mengatakan Whittingdale adalah seorang pria lajang yang berhak atas kehidupan pribadinya dan Perdana Menteri David Cameron menaruh kepercayaan penuh kepada dirinya.

Kepada BBC, Whittingdale mengaku menjalin hubungan dengan seorang perempuan antara Agustus 2013 dan Februari 2014 lewat situs pencari jodoh Match.com.

"Usianya sama dengan saya dan tinggal tidak jauh dari rumah saya. Waktu itu ia tidak menunjukkan apa pekerjaan dia yang sebenarnya dan saya baru mengetahui hal ini ketika seseorang mencoba menjual kisah tentang saya ke sebuah tabloid. Setelah saya menyadari hal ini, saya langsung mengakhiri hubungan ini," ujarnya.

Whittingdale mengaku peristiwa itu terjadi jauh sebelum dirinya menjadi menteri.

"Ini adalah kisah lama yang agak memalukan pada saat itu. Peristiwa ini terjadi jauh sebelum saya mengemban tugas sebagai menteri. Kejadian ini tidak pernah mempengaruhi keputusan yang saya ambil sebagai Menteri Kebudayaan," lanjutnya lagi.

Sebelum menduduki posisi dalam kabinet , Whittingdale menjabat sebagai Ketua Komisi Kebudayaan Umum, Media dan Komite Olahraga di Majelis Rendah Inggris selama sepuluh tahun.

Awal April lalu, sebuah situs berita bernama Byline melaporkan bahwa Whittingdale memiliki hubungan dengan seorang perempuan penghibur profesional.

Wartawan politik BBC, Ben Wright mengatakan fakta tentang beredarnya cerita tersebut di kalangan media telah menimbulkan sejumlah pertanyaan tentang potensi konflik kepentingan yang melibatkan orang yang bertanggung jawab atas regulasi media dan motivasi surat kabar serta lembaga-lembaga penyiaran yang tidak menayangkan insiden tersebut.

Sejumlah surat kabar mengatakan kepada BBC mereka tidak memuat cerita tersebut karena hal itu bukan kepentingan umum.

Namun, Brian Cathcart, pendiri kelompok kampanye Hacked Off yang menginginkan regulasi pers ketat, mengatakan kredibilitas Whittingdale sudah rusak. [ikh]


Baca Berita Selanjutnya

0 Response to "Menteri Inggris Akui Pernah Jalin Cinta dengan PSK"

Posting Komentar