Rex Tillerson Calon Menlu AS Dituding Antek Rusia

Rex Tillerson Calon Menlu AS Dituding Antek Rusia

INILAHCOM, Washington DC - Tampilnya Rex Tillerson sebagai kandidat kuat Menteri Luar Negeri AS, membuat Beruang Rusia merasa gembira.

The Guardian mengabarkan Selasa (13/12/2016), Rex Tillerson yang sebentar lagi akan melepaskan jabatannya sebagai CEO Exxon Mobil itu, dikenal dekat dengan sejumlah pejabat tinggi Rusia. Termasuk Presiden Vladimir Putin.

“100 Persen berita gembira buat Putin,” tutur Vladimir Milov, seorang tokoh oposisi Rusia. Menurut Vladimir Milov, hal ini menjadi tanda bagi kebijaksanaan luar negeri AS berubah menjadi pendekatan transaksional,” sambungnya.

Lihat saja. Rex Tillerson menjalin hubungan dengan Rusia dan mengenal Putin sejak 1999. Dua tahun kemudian Exxon Mobil memperoleh akses menambang minyak di kawasan ke sejumlah sumber minyak Rusia. Sebagai imbalan, perusahaan minyak Rusia, Rosneft diberi kesempatan berinvestasi di Exxon Mobil.

Rex Tillerson, 64, juga dikenal dekat dengan Direktur Rosneft, Igor Ivanovich Sechin yang dikenal berhaluan keras dan berperan besar dalam operasi penambangan minyak Rusia. Selain itu, Rex Tillerson juga pernah menyebut koleganya sebagai  “Sahabatku Sechin” dalam sebuah forum bisnis di St. Petersburg, awal 2016. Sebaliknya, Sechin punya satu keinginan besar. Yakni, “Naik sepeda motor gede keliling AS ditemani Tillerson,” kata Sechin.

Besar kemungkinan Rex Tillerson bakal disetujui sebagai Menteri Luar Negeri oleh Senat AS. Namun ada yang menyebutkan bahwa dengan kemenangan tipis 52 lawan 48 suara misalnya, maka hanya dengan tiga suara anggota Senat, Partai Republik dapat mementahkan Rex Tillerson. Apalagi, bekas CEO Exxon Mobil yang bergaji 25 juta dolar sebulan itu, akan berhadapan dengan Senator John McCain yang sejak awal mengkritik pengangkatan Rex Tillerson. “Dia tak ubahnya antek Rusia,” katanya dalam sebuah wawancara.


Baca Berita Selanjutnya

0 Response to "Rex Tillerson Calon Menlu AS Dituding Antek Rusia"

Posting Komentar