Qatar Buka Perwakilan Militer di Washington DC

Qatar Buka Perwakilan Militer di Washington DC

INILAHCOM, Washington DC - Pemerintah Qatar membuka kantor perwakilan militer, tak jauh dari kantor Kedutaan Besar Qatar di Washington DC.

Kantor berita Associated Press melaporkan, pembukaan perwakilan militer Senin (23/10/2017) itu, diresmikan oleh seorang utusan dari Kementerian Pertahanan Qatar. Sejumlah perwira tinggi militer dari kedua negara, tampak hadir dalam acara yang diramaikan dengan memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Brigadir Jenderal Yousef al-Kuwari diangkat sebagai atase pertahanan kantor perwakilan militer itu. “Ada enam pejabat tinggi perwira tinggi dan satu pejabat akan ditempatkan di kantor perwakilan militer ini,” kata Yousef al-Kuwari. Kantor perwakilan militer Qatar ini mewakili jajaran angkatan darat, angkatan laut dan udara serta satuan khusus Qatar.

Pembukaan perwakilan militer itu, dianggap menandai kedekatan AS dan Qatar. Basis militer udara al-Udeid merupakan salah satu basis militer AS di Timur Tengah untuk menjalankan operasinya di Suriah, Irak dan Afghanistan. Sebanyak 10 ribu pasukan AS ditempatkan di Qatar yang banyak ditempatkan di Basis militer al-Udeid, selatan ibukota Qoha. Sedangkan Qatar, salah satu negara Teluk terkecil, hanya memiliki 11 ribu pasukan militer.

Pemerintah Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan dengan Qatar Juni lalu. Negara berpenduduk 2,5 juta jiwa itu dianggap menampung sejumlah militan ISIS dan dekat dengan Pemerintah Iran. Selama beberapa tahun, AS enggan mengungkapkan  lokasi basis militernya di Qatar dengan alasan keamanan. Basis militer al-Udeid merupakan Pusat Operasi Gabungan Udara AS yang melancarkan serangan bom sekutu atas kantong-kantor ISIS di Irak dan Suriah. Qatar juga menjadi lokasi strategis bagi AS untuk memantau kawasan udara Suriah.

 


Baca Berita Selanjutnya

0 Response to "Qatar Buka Perwakilan Militer di Washington DC"

Posting Komentar