Gedung Putih Dibobol Peretas Rusia

Gedung Putih Dibobol Peretas Rusia

INILAHCOM, Washington DC - Paspor Michelle Obama, daftar nama Paspampres dan staf Gedung Putih bocor ke luar lewat akun milik Ian Mellul.

NBC News mengabarkan Kamis (22/9/2016), email Ian Mellul, pekerja kontrak keamanan Gedung Putih itu, ternyata diretas seseorang tak dikenal. Paspor ibu negara itu ditampilkan dalam kualitas gambar prima sehingga seluruh detilnya terlihat jelas. Bahkan, bocoran itu juga mengungkap secara detil berapa anak tangga yang akan dilalui Wapres Joe Biden saat berkunjung ke Cleveland.

Seorang pejabat intelijen AS menyebut “Peretasan ini merupakan kasus terburuk yang menyangkut keamanan Presiden AS yang pernah saya saksikan,”katanya. Dan semua itu, lanjutnya, “Gara-gara kecerobohan para staf yang mengeluarkan informasi penting ke luar sistem Gedung Putih,”kata pejabat tinggi tersebut.

Peretasan itu diungkap di depan umum oleh DC Leaks, sebuah kelompok peretas yang membongkar email bekas Menlu Colin Powell. Dalam emailnya, Powell antara lain menyebut Donald Trump sebagai “Kandidat yang memalukan.”Belakangan diyakini bahwa “DC Leaks adalah kelompok peretas yang berkaitan erat dengan Kantor Intelijen Rusia,”tutur seorang petugas federal kepada NBC News.

Hasil peretasan yang diungkap itu, juga menyebutkan acara-acara penting yang akan dihadiri Hillary Clinton. Termasuk daftar nama siapa saja yang ikut dalam iring-iringan mobil yang menyertai Hillary berkampanye. Dan daftar manifest lengkap penerbangan pesawat Hillary Clinton.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest menjelaskan “Para pejabat Gedung Putih akan menyelidiki informasi itu lebih teliti,”kata Josh Earnest. “Tapi kami tidak bisa menyebut keabsahan informasi yang dibocorkan itu,”lanjutnya.

Josh Earnest menjelaskan pula bahwa para kontraktor Gedung Putih adalah warga biasa yang bukan pegawai pemerintah. “Kasus ini menjadi peringatan bagi kami tentang keamanan informasi elektronik,”kata Josh. Sementara, kubu Hillary Clinton tak bersedia memberi komentar apapun.


Baca Berita Selanjutnya

0 Response to "Gedung Putih Dibobol Peretas Rusia"

Posting Komentar